Cara Jitu Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Ketika kita berpuasa, hal yang sangat sulit di hindari adalah bau mulut, walaupun bau mulut tersebut mempunyai arti baik yaitu mendapatkan pahala dari apa yang kita lakukan menahan rasa lapar dan hawa nafsu selama seharian penuh, namun setidaknya kita merasa risih dan kurang pede yang sangat ketika kita melakukan puasa.

Jadi kenapa pada saat kita berpuasa mulut kita terasa bau, itu di karenakan rongga mulut yang kering, karena tidak adanya makanan yang di kunyah maka hal ini bisa mengakibatkan kurangnya produksi saliva atau air liur yang mengakibatkan timbulnya bau mulut tersebut.

Dan hal tersebut bisa menimbulkan  berkumpulnya bakteri anaerob,yaitu bakteri yang  bisa menghasilkan belerang berkembang biak secara baik, terutama ketika mulut kita benar- benar dalam kondisi yang buruk.

Drg. Martha Mozartha M.Si dari Klik Dokter mengatakan jika mengiginkan bau mulut tetap segar dan stabil ketika berpuasa yaitu dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gigi, anda secara baik.

Cara menghilangkan bau mulut ketika puasa bisa dilakukan dengan cara berikut :

  • sikat gigi secara teratur yaitu ketika buka dan sahur, di yakini pasta gigi bisa membantu meringankan bau mulut pada saat berpuasa.
  • Pilih makanan yang tidak mengandung senyawa sulfur (jengkol, petai dll), dan hindari juga  dengan makanan yang mengandung banyak gula (susu, bawang putih, bawang merah. Dengan itu di yakini dapat mengurangi resiko bau mulut  pada saat berpuasa.
  • Perbanyak minum air putih sebelum mulainya puasa “sebelum imsaq” agar tubuh tetap stabil dan tanpa harus beresiko kekurangan cairan dengan banyak minum air putih bau mulut bisa sedikit berkurang.

Jadi dengan 3 cara tersebut di yakini dapat meringankan resiko bau mulut pada saat berpuasa, dan selamat menjalankannya, semoga artikel ini bermanfaat.

Baa Juga : Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Agar Kebutuhan Nutrisi Bisa Terpenuhi

Lihat Juga

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan