Berbagi Info Terbaru

Hasil Gelar Perkara ke 3 Habib Rizieq Shihab Statusnya Menjadi Tersangka

Diretorat Kepolisian Polda Jabar yang melakukan gelar perkara terkait kasus penodaan Lambang Pancasila yang dilakukan Habib Rizieq Shihab pada 2011 silam, kini status Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) yang tadinya sebagai saksi kini dinaikan menjadi tersangka, penaikan status ini menurut Kombes Pol Yusri Yunus unsur pidanannya sudah memenuhi syarat.

Kombes Pol Yusri Yunus menuturkan kepada awak media di markas Polda Jabar pada Senin (30/1/2017), penyidikan ke tiga ini dilakukan mulai Pukul 11 siang tadi dan berahir pada pukul 18 sore yang menyimpulkan Imam Besar FPI tersebut resmi ditetapkan sebagai tersangka terkait penghinaan Lambang Negara Pancasila.

Habib Rizieq Shihab dijerat dengan pasal 154 a KUHPidana dan pasal 320 KUHPidana. Penetapan ini sudah benar-benar memenuhi unsur Pidan, dimana keterangan dari berbagai saksi ahli ini memang sudah kepada tindang pidana. Selain penodaan Lambang Negara Habib juga dijerat dengan pasal pencemaran nama baik. yang dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri.

Bukti yang menguatkan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka adalah didapat dari beberapa saksi di lokasi, saksi pelapor dan saksi Ahli, Dugaan penistaan lambang Negara ini dilakukan Habib Rizieq pada acara ceramah di lapangan Gasibu Bandung pada 2011 silam, dan penyidikan ini sebenarnya sudah dilakukan semenjak acara tersebut dan keputusan peningkatan status Habib Rizieq Shihab dari yang tadinya sebagai saksi dan sekarang menjadi tersangka.