Berbagi Info Terbaru

Siap-siap Tilang Elektronik Juga Akan Segera Berlaku Bagi Pelanggar Lalulintas

Tilang elektronik di beberapa negara maju memang sudah banyak yang menerapkan sistem ini dan untuk pertama kalinya Indonesia juga akan menerapkan sistem tilang otomatis dengan sistem CCTV yang terpampang di setiap perempatan, dengan begitu pelanggar tidak bisa mengelak dari pelanggaran yang dilakukannya karena bukti yang tertera dilayar CCTV akan menjerat para pelanggar di jalanan.

Walau masih dalam tahap uji coba namun dengan diterapkannya sistem Tilang Elektronik untuk kedepannya akan terus diperbaharui disetiap titik-titik tertentu yang biasanya banyak para pengendara yang kurang patuh terhadap rambu-rambu lalulintas dan hal inilah yang menyebabkan bahaya bagi pengendara itu sendiri, seperti halnya melawan arus dengan dalih mempercepat perjalanan.

Hingga tulisan ini dibuat setidaknya sudah ada 134 titik kamera di Jakarta dimana kondisinya sudah siap terhubung dengan server (TMC) Polda Metro Jaya dan siap melakukan penindakan melalui media elektronik kamera, dengan begitu untuk kedepannya para pengendara diutamakan lebih tertib lalulintas.

Sistem penerapan Tilang Elektronik ini memang sudah tepat guna dimana selain menekankan penyuapan terhadap pelanggar tilang dengan sistem ini maka pelanggar lalulintas akan benar-benar dikenakan tilang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya.

Lantas kemanakan kita harus membayar tilang elektronik tersebut, hal ini memang masih dalam pengkajian pihak terkait namun untuk sementara ini pelanggar akan membayar denda tilang yang dibebeankan pada biaya pajak tahunan yang biasanya diambil di samsat terdekat setiap setahun sekali, jadi ketika kita mengurus pajak kendaraan ke samsat maka denda tilang akan langsung ditagihkan pada pelanggar.

Baca Juga Ini Cara Registrasi Sim Card Menggunakan NIK dan e-KTP

Akhir bulan ini semua kamera siap melakukan perkaman di setiap sudut kota jakarta dan untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan juga akan ada kamera – kamera yang terpasang disetiap lampu merah dan tempat tempat lainnya.

 


Rekomendasi

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan