5 Cara Pola Makan hidup sehat berikut ini beberapa tips yang patut dicoba

Hal yang paling sulit adalah menjalankan hidup sehat dan menjaga pola makan yang sehat dan berimbang pula. Hal ini sebagian orang pasti pernah merasakannya , bagaimana membagi dan memilah makanan yang harus di konsumsi dan yang tidak perlu di konsumsi.

Rasanya sangat sulit dan benar-benar sulit namun jikalau kita menyikapinya dengan santai, ikhlas dan benar-benar menyadari arti dari pola makan sehat itu sendiri pasti anda akan menjalankannya dengan rasa ikhlas dan tidak ada rasa terbebani sama sekali. Dan kancapos pengen membagi sedikit cara singkat agar anda tetap mengolah atau mengkonsumsi makanan yang sehat dan hanya perlu melakukan perencanaan sebagai berikut :

1. Perencanaan
Setiap hal yang akan kita lakukan atau kerjakan sebaiknya terlebih dahulu kita membuat perencanaan apa yang perlu kita lakukan dan tidak. Dan dalam hal Menjaga Pola Makan Sehat ini juga kita harus mempunyai cara atau trik yang bisa menjadi motifasi atau keharusan untuk menjalankannya.
Dan sekarang perencanaan tersebut adalah :

Jikalau anda berencana membeli atau pergi ke pasar, alangkah baiknya sebelum membelinya anda harus menulis bahan apa saja yang harus di beli dan yang tidah. Lihat setiap kebutuhan yang benar-benar di perlukan seperti makanan yang tidak cepat basi atau sayuran dan buah yang mudah layu/rusak sebaiknya beli secukupnya saja, karena sayuran dan buah yang segar akan banyak manfaatnya ketimbang menyetoknya lama di lemari pendingin kelamaan pasti banyak sayuran dan buah yang terbuang sia-sia. Dan untuk barang yang lainnya seperti barang sabun, pasta gigi dan yang lainnya bisa kita menyetoknya agak banyak dikit kira-kira kurang lebih buat 1 bulan sudah dari cukup.

2. Beli kebutuhan musiman
Biasanya dalam 1 tahun pasti akan ada musim-musim tertentu di setiap daerah yang anda tempati, seperti musim buah, musim sayur, dan yang lainnya. Dan hal ini kita bisa manfaatkan sebagai jadwal rutin yang tidak boleh di tinggalkan, karena selain harganya yang sangat praktis dan biasanya sangat harganyapun sangat jauh dengan harga pasar,kita juga bisa menghemat sisa uang tersebut dan bisa menggunakannya untuk keperluan yang lainnya.

3. Membagi porsi
Biasanya kita suka lepas kontrol, porsi yang seharusnya untuk 2 atau 3 kali makan maka kita suka menghabiskannya begitu saja tanpa memikirkan apa dampak bagi kesehatan tubuh dan juga Bajet yang kalau kita hitung dengan rinci pasti akan menggunung. Dan sekarang jikalau kita menginginkan pola makan yang sehat dan berimbang, sebaiknya sebaelum kita mengolahnya lihat apa bahan yang akan kita olah seperti salah satu contohnya adalah setiap kita membeli daging ayam, daging sapi, telur, dan ikan atau yang lainnya, sesudah kita sampai dari pasar sebaiknya kita memilah atau membagi sesuai porsi yang ada.

Lihat terlebih dahulu ada berapa orang dalam keluarga anda, dan pisahkan porsinya sesuai porsi keluarga anda baru sisanya bisa di simpan di lemari pendingin. Itulah sedikit cara membagi porsi yang sesuai dengan mene yang seimbang.

4. Menyisihkan stok
Seperti yang sudah kita bicarakan di atas, bahwa sebisa mungkin kita membagi porsi dengan baik, dan sekarang tinggal mengolah sisa stok yang tadi. Sebisa mungkin kita harus bisa mengolahnya dan mengkonsumsinya sebagai salah satu menu yang ideal yang bisa menyeimbangkan cara hidup yang sehat dan seimbang. Dan jangan lagi takut untuk mengkonsumsinya, karena semuanya sudah terkendali dengan sempurna.

5. Sayur dan buah paling utama
Setiap hari tubuh kita memerlukan Vitamin, serat, Mineral, Gizi dan Antioksidan yang cukup. Dan semuanya ada pada sayur dan buah yang kita harus konsumsi setiap hari, sebisa mungkin sayur dan buag harus ada di porsi makan kita setiap hari. dan imbangkan sayur, buah, serta lauk dari piring kita, dan usahakan seperempat dari piring tersebut di isi dengan lauk seperti daging, ikan dan yang lainnya yang memenuhi protein dalam tubuh kita. Dan yang tiga perempatnya di isi sayur dan buah, baru bisa di bilang makanan sederhana yang seimbang dan sehat serta begizi.

Lihat Juga