Berbagi Info Terbaru

Cara mengobati luka bakar akibat Knalpot Motor paling Ampuh

Hi Sobat yang baik Hati malam yang dingin ini saya akan berbagi pengalaman Cara paling tepat mengobati luka yang diakibatkan terkena benda panas atau luka kulit akibat menyentuh knalpot motor, bagin-bagian yang paling sering terluka biasanya pada betis kaki, jika hal ini dibiarkan maka akan menimbulkan gelembung air didalam kulit dan sebelum ini terjadi sesegera mungkin kita harus menanganinya secara benar dan tepat ketika kita mengalami hal yang demikian.

Hal yang paling pertama ketika kulit terkena benda panas yang mengakibatkan kulit serasa terbakar adalah dinginkan luka hingga rasa panasnya berkurang namun jika luka bakar yang terjadi pada kulit kita terlalu parah maka langkah awal yang paling tepat adalah dengan membawanya ke klinik terdekat atau puskesmas, namun jika yang terjadi hanya terkena atau menyentuh knalpot maka cukup dinginkan terlebih dahulu, lalu beri air yang dingin bersih tapi jangan digosok-gosok agar tidak menimbulkan luka baru jadi cukup siram secara perlahan agar rasa panasnya berkurang setelah itu baru cari obat dan perban yang bersih atau jika ada gunakan kain kasa untuk menutup luka pada kulit.

Sangat tidak disarankan ketika terkena benda panas mendinginkannya menggunakan es batu ini akan menimbulkan luka baru yang berakibat radang pada permukaan kulit yang terbakar. Setelah kulit rasa panasnya mulai berkurang sekarang kita gunakan kain yang bersih dalam hal ini kain kasa lalu siapkan air yang dicampur dengan garam kemudian lumuri pada bagian yang luka dengan air larutan gama tadi.

Kemudian bersihkan luka yang sudah dilumuri air garam tadi dengan kain yang sudah disiapkan secara perlahan, lakukan cara ini berulang-ulang sampai 2-3 kali, ini menurut halosehat.com kandungan yang terdapat pada garam sangat tepat dalam memperbaiki sel kulit yang terkena luka bakar dan memperbaiki dengan cepat permukaan kulit yang diakibatkan luka bakar serta mencegah terjadinya infeksi kulit.

Setelah permukaan kulit benar-benar terlumuri langkah terahir adalah dengan menutup luka bakar dengan kain kasa tadi, agar permukaan kulit terlindungi dari berbagai gesekan, biarkan perban kain kasa tadi selama sehari kemudian bisa mengganti dihari berikutnya. Lakukan dengan cara yang sama.

Cara di atas dikutip dari halosehat.com, sedangkan pengalaman saya pribadi pernah terjatuh dari motor dan mengenai betis, waktu itu luka yang diderita memang standar tersengat knalpot motor karena posisinya menempel knalpot beberapa detik, waktu itu ada seorang teman menyarankan untuk mengobatinya dengan cara membaluri kapur yang sudah dibasahi dengan air bersih, kemudian luka yang sudah dibaluri tadi diperban dengan kain sampai kapur yang dibaluri tadi mengering dan ganti dengan yang baru, dan hasilnya memang tanpa menimbulkan gelembung air pada bagian yang terkena panas tadi.

Dengan cara menggunakan kapur memang rasanya kulit tambah panas waktu pertama diperban, cara ini saya lakukan selama tiga hari, dan hasilnya kulit yang terkena knalpot tidak sampai menimbulkan luka dan kulit langsung kering. Semoga cara diatas bisa membantu bagi yang sedang membutuhkan. Terima Kasih.