Berikut ini Khasiat Temulawak, Kayu manis, Meniran dan Jinten hitam

Indonesia merupakan tanah yang sangat subur, dimana semua jenis tanaman bisa tumbuh ditanah ini secara mudah. Kendati demikian, banyak tanaman herbal yang bisa kita dapatkan dengan mudah yang ternyata tanaman tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kayu manis, Temulawak, dan jinten merupakan tanaman herbal yang bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit dan mencegah berbagai penyakit. Namun sayangnya sejumlah orang tidak mengetahui akan manfaat dari tanaman herbal tersebut termasuk dengan mengolahnya, padahal jika kita mengkonsumsi temulawak dan kayu manis dan jinten bisa membantu mengobati dan mencegah penyakit.

Menurut Homeopath sekaligus Praktisi Kesehatan Natural, Tjok Gde Kerthyasa, BHSc (Hom), ADHom mengatakan, satu buah jenis tanaman herbal ternyata memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh.

Jadi kelebihan dari satu tanaman herbal, tidak hanya memiliki fungsi saja, dimana senyawa yang terdapat pada obat herbal ternyata masih terbungkus utuh. Tentu jika mengkonsumsi secara alami maka senyawa akan mudah dicerna dalam sistem metabolisme tubuh.

Karena tanaman herbal memiliki banyak jenis dan manfaatnya termasuk sudah dibuktikan akan manfaat bagi kesehatan, berikut empat tanaman herbal yang bisa Anda konsumsi dan merasakan khasiat dan manfaatnya.

Temulawak
Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang memiliki manfaat sebagai pelindung hati atau hepatoprotektor. Biasanya Temulawak sering dimanfaatkan oleh orang Indonesia pada bagian rimpang atau batang tanaman yang tertanam ditanah. Disamping itu, rimpang Temulawak diketahui memiliki kandungan kurkumin, minyak atsiri xanthorizol.

Untuk mendapatkan manfaat dari rimpang temulawak, masyarakat Indonesia biasanya merebus rimpang terlebih dahulu untuk mendapatkan khasiatnya, karena rebusan rimpang bisa menurunkan kolesterol bagi orang yang menderita kolesterol tinggi dan trigliserida, termasuk mencegah penyakit hati.

Seperti yang dikatakan Tjok Gde, bagi orang yang memiliki masalah pada toksisitas di liver yang disebabkan karena pola makan tidak sehat, gaya hidup tidak sehat serta stres, disarankan mengkonsumsi temulawak. Kelebihan dari temulawak, selain dapat mencegah penyakit hati, ternyata diyakini bisa menyembuhkan anti-peradangan, obat pencahar, nyeri sendi sekaligus melancarkan produksi ASI bagi seorang ibu yang sedang menyusui.

Meniran
Jika tanaman yang satu ini Anda bisa mendapatkan di ladang, sebab tanaman tersebut cukup mudah ditemukan karena Meniran tergolong sebagai tanaman liar, yang mudah didapatkan di hutan dan tanah bebatuan. Meniran telah terbukti akan manfaatnya yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang jika mengkonsumsinya.

Bagian akar dan daun meniran merupakan bagian yang paling bermanfaat, pasalnya pada bagian tersebut mengandung senyawa flavonoid. Menurut penelitian, meniran juga bisa dijadikan obat bagi orang yang terkena penyakit malaria, selain itu mengobati batu ginjal serta sariawan, termasuk mengobati infeksi pada saluran kencing dan radang kandung kemih.

Jinten Hitam
Jinten hitam mengandung banyak senyawa seperti miristoleat, pamitoleat, miristat, linoleat, asam lignosehat, margarat dan behenat. Kemudian meniran juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita, termasuk bisa dijadikan sebagai obat untuk bagi orang yang menderita tifus dan sangat baik untuk mengobati infeksi pencernaan.

Kelebihan dan manfaat lainnya dari jinten tidak lain adalah dapat menjaga sistem pernapasan meningkatkan otak, mengatasi insomnia dan mencegah tubuh disebabkan oleh stres. Jinten Hitam juga termasuk tanaman yang bersifat antivirus, antioksidan tinggi dan antikanker.

Kayu Manis
Selain terkenal dengan rempah-rempah, kayu manis juga biasanya sering digunakan untuk penyedap masakan. Dimana kulit batang kayu manis tersebut mengandung trans-cynamaldehide, yang pastinya sangat baik untuk kesehatan.

Sejumlah orang sering memanfaatkan kayu manis untuk mengatasi kadar gula darah yang tinggi terutama untuk penderita diabetes serta dijadikan sebagai pencampur minuman untuk hangatkan tubuh. Disisi lain, kayu manis juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar aliran darah, dan membantu menurunkan kolesterol secara drastis.

Jika ke empat tanaman herbal tersebut memiliki banyak manfaat, setidaknya kita bisa mencobanya mengkonsumsi salah satu tanaman tersebut, karena selain alami dan tidak mengandung zat kimia, tanaman herbal tersebut juga mudah didapatkan di lingkungan kita.

Lihat Juga