Lakukan Hal Berikut Setelah Operasi Caesar agar kondisi cepat sembuh

Para wanita pada umumya menginginkan hal yang baik ketika hamil, dan menginginkan persalinan yang normal dan bayi yang sempurna, namun apalah daya jikalau kita mempunyai riwayat penyakit yang bisa berdampak fatal bagi keduanya, atau ada suatu masalah pada janin maka mau tidak mau maka Caesar pun adalah solusi yang terbaik.

Apalagi jika ibu yang baru hamil dan harus melakukan oprasi Caesar, pasti akan kaget akan perbedaan yang sangat mencolok pada tubuh seperti adanya bekas jahitan, bekas suntikan yang terkadang menimbulkan rasa sakit pada area pinggul dan sekitarnya. Ini biasanya di rasakan pada ibu pemula akan merasa tidak nyaman, beda dengan Moms yang sudah melakukannya beberapa kali pasti kehati hatian dan kekawatiran tida berlaku lagi, karena sudah faham bagaimana dan apa yang perlu di lakukannya semuanya sudah terbiasa.

Namun para wanita yang menjalani Caesar perlu tahu bahwa tidak semudah yang di bayangkan, perlu perawatan yang khusus dan harus rutin di jalani bagi para Moms yang menjalani oprasi Caesar.
kancapos pengen membagi beberapa tips cara merawat pasca Caesar bagi para moms pemula dan berikut uraiannya :

1. Makan makanan yang bernutrisi tinggi
Fungsi dari mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi bagi para Moms yang pasca oprasi Caesar adalah memberi energi lebih, serta mempercepat luka jahitan dan melancarkan ASI.

Mengapa bisa demikian,,,? karena makanan yang mengandung nutrisi tinggi memiliki zat-zat yang harus melalui suatu proses makanan yang kita konsumsi secara normal terlebih dahulu, kemudian melalui proses degesti, absorbsi, transportasi, menyimpan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak di perlukan untuk mempertahankan hidup.
Dan apa saja makanan yang perlu di konsumsi para Moms yang habis Caesar : Para Moms harus memerlukan makanan yang mengandung Zat besi, serat, Vitamin, Protein, dan nutrisi yang lebih, sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

2. Perawatan bekas Caesar (Luka jahit)
Tahukah Moms, luka Caesar bukanlah luka tangan terkena pisau, luka Caesar adalah luka yang benar-benar harus di rawat sedemikian rupa agar terhindar dari infeksi atau kebocoran pada jahitan.
Maka di perlukan perawatan yang intensif seperti :
• Setiap hari di haruskan mengganti plester yang anti air
• Di haruskan juga memberi salep luka yang di berikan oleh dokter
• Tidak di perbolehkan mengaruk luka caesar,karena akan menambah luka yang serius pada jahitan.
• Juga tidak di perbolehkan melakukan terapi pijat karena luka padea rahim yang belum mengering.
• Yang terakhir jangan lupa mimum obat secara teratur
• Kontrol rutin ke dokter supaya tahu jahitan atau rahim sudah sembuh atau mengering dengan sempurna.

3. Tidak boleh mengangkat beban berat
Bagi para Moms yang setiap harinya selalu berjibaku dengan pekerjaan, namun pasca Caesar untuk sementara tidak di perbolehkan membawa beban berat, seperti membawa cucian baju dan yang lainnya. di karenakan akan terjadi tekanan yang hebat dan biasanya akan mengakibatkan infeksi pada rahim ataupun pada jahitan. Jadi bersabar dulu yach Moms, tapi bukan berarti kita malas-malasan kita masih bisa mengerjakan yang ringan ko Moms.

4. Olahraga ringan
Biasanya pasca Caesar banyak yang tidak boleh di lakukan, tapi tidak dengan olahraga ini yach Moms. Para Moms bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan, sesekali mengayuhkan lengan dan masih banyak trik lainnya.

Kenapa kita di wajibkan olahraga, karena jika tubuh kita tidak bergerak maka tubuh akan terasa kaku jadi olahraga adalah solusi supaya peredaran darah Moms lancar dan manbah Bugar serta muka Fres di pandang.

5. Perbanyak minum air
Minum air bukan saja mencegah kita terkena Dehidrasi, namun juga bisa memenuhi Produksi ASI yang melimpah dan juga memberi kebugaran pada tubuh kita.

6. Posisi yang nyaman saat tidur
Masalah terbesar bagi para ibu yang melakuka Caesar adalah pada saat tidur, karena pada saat tidur kita harus bisa mencari posisi yang nyaman bagi tubuh supaya tidak mengganggu jahitan pasca Caesar. Dan jangan coba-coba tidur dengan posisi telungkup karena jahitan yang belum kering dan bisa berakibat jahitan bosor atau sakit yang luar biasa karena adanya tekanan pada perut. Jadi sebaiknya posisi miring itu lebih baik.

7. Berpakaian yang longgar
Ini sangatlah penting yach Moms, Dalam berpakaian pasca Caesar tidaklah perlu baju yang ketat ataupun sexy, dengan pakaian longgar saja sudah cukup. Jika kita berpakaian ketat, bukan mustahil bahwa luka bekas Caesar akan lama penyembuhannya karena ada gesekan atau tekanan pada baju yang ketat. Tapi jika Moms menggunakan yang longgar, ini justru sebaliknya, karena luka mempunyai rongga atau celah udara yang otomatis mempercepat luka Caesar tersebut.

Lihat Juga