Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Agar Kebutuhan Nutrisi Bisa Terpenuhi

Yang d butuhkan oleh para ibu hamil dan menyusui adalah nutrisi yang lebih juga zat serta vitamin yang penuh.  Selain di butuhkan oleh sang ibu, nutrisi, vitamin, zat besi, juga sangat di penting juga buat kelangsungan buah hati anda.

Diana F Suganda MKes, Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro menyampaikan kebutuhan gizi orang normal adalah 1800 kkal. Namun untuk para ibu hamil trimester pertama atau pada kehamilan bulan pertama perlu banyak  tambahan 180 kkal, dan trimester kedua 300 kkal juga trimester tiga 300 kkal.

Dan buat ibu menyusui juga sangat butuh tambahan energi, nutrisi serta vitamin yang lebih yaitu 600 kkal untuk produksi Asinya.

Dan untuk memenuhi  semua kebutuhan buat para ibu hamil dan menyusui tersebut, sebaiknya harus memiliki tips yang baik saat berbuka puasa, yaitu dengan cara tersebut di bawah ini :

Kurma dan air putih hangat

Buat para ibu hamil dan juga menyusui harus tahu bahwa untuk memiliki nutrisi yang lebih ketika kita puasa seharian penuh dan untuk memenuhinya yaitu dengan cara ketika buka puasa tersebut jangan lupa untuk mengkonsumsi air hangat terlebih dahulu juga jangan lupa makan buah korma.

Buah korma memiliki kandungan gula yang baik buat menambah nutrisi tubuh kita dan di sarankan jangan minum air es karena bukannya menjadi solusi malah bisa berdampak negatif buat tubuh dan janin kita.

Dan peran penting air hangat untuk tubuh adalah untuk meningkatkan nutrisi dan merangsang reprodiksi ASi, dan ASI pun menjadi lancar juga memberi lebih reproduksi ASI tersebut.

Hindari takjil yang mengandung santan
Dan untuk mengganti takjil yang baik untuk para ibu hamil dan juga menyusui yang sedang menjalankan puasa, untuk menghindari masalah pada pencernana tersebut, sebaiknya  harus bisa memilih takjil yang baik untuk berbuka puasa, dan sebaiknya hindari takjil yang memiliki santan(kolak dan yang lainnya). Karena  santan memilili kandungan lemak yng tinggi dan bisa menghambat pencernana.

Jadi alangkah baiknya menggantinya dengan takjil lain yaitu dengan mengkonsumsi bubur ataupun bubur kacang hijau yang  sudah jelas pada biji kacang tersebut memiliki peran panting untuk ibu hamil dan menyusui, karena kacang memiliki kandungan lemak yang rendah jadi kacang merupakan sumber nutrisi yang baik buat tubuh.

karbohidrat kompleks

Selain nutrisi energi juga sangat berperan penting untuk ibu hamil dan menyusui, dan ini di sarankan juga di konsumsi  pada saat berbuka puasa dan makanan yang mengandung energi tersebut yaitu dengan nasi merah, oatmeal, dan juga roti gandum.

Ini semua bisa menambah energi bagi ibu hamil dan menyusui tersebut, karena makanan tersebut memiliki karbohidrat komplek yang sangat baik juga tinggi dan sangat baik jika bisa di konsumsi oleh ibu hamil dan menyusui tersebut secara rutin.

Protein hewani dan nabati
Protein dan nabati juga penting di miliki ibu hamil dan menyusui, dan untuk memenuhinya yaitu dengan cara mengkonsumsinya ketika berbuka puasa, dan protein serta nabati tersebut bisa meningkatkan protein pada tubuh sebanyak 20 gram sehari. Dan hal ini sangat berperan penting buat janin dan juga reproduksi ASI tersebut.

Sayur dan buah
Memiliki peran yang sangat baik juga sangat penting sekali di konsumsi setiap harinya, karena sayur dan buah bisa memiliki peran penting  untuk kelancaran kesehatan pencernana, karena ke duanya memiliki seat tinggi yang bisa mencegah konstipasi  atau bisa mencegah susahnya buang air besar.

Air mineral/air putih
Air putih atau air mineral memiliki peran penting yang harus di lakukan bagi para ibu hamil juga menyusui. Dan target yang harus di capai adalah seperti pada dari hari biasanya, yaitu 3 liter/hari, dan tentuya harus bisa mengsiasatinya dengan sebaik-baiknya agar mencapai target tersebut dengan baik.

Lihat Juga

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan