Berikut ini Cara Menyimpan Buah dan Sayuran yang baik dan Benar

Banyak jenis makanan dan buah dan sayur yang kadang kala kita sering keliru Menyimpannya, dari semua jenis makanan tersebut beraneka ragam seperti makanan basah, makanan kering, sayur,  serta buah juga memiliki ruang ataupun tempat yang setiap jenis buah dan sayur memiliki kadar suhu yang berbeda, dan kita harus tahu semuanya jika makanan, sayur atau buah yang kita beli tidak ingin cepat rusak ataupun busuk.

Karena jika kita salah menempatkan atau salah menyimpan buah, sayur atau makanan tersebut, maka suhu dan kelembaban tempat yang tidak cocok dengan makanan serta buah tersebut akan menguap dan dari itu akan masuk bakteri-bakteri dan juga jamur pada makanan serta buah lalu menjadi pembusukan.

Oleh sebab itu jika kita tidak ingin makanan atau buah serta sayur tersebut cepat rusak, maka kancapos ngasih solusi cara yang baik dan benar menata makanan atau buah serta sayuran biar tidak cepat busuk atau jamuran.

Berikut cara terbaik memilah dan memilih penyimpanan  makanan, buah serta sayur pada tempatnya :

  1. Buah Apel

    Pada buah apel memiliki kadar air yang banyak, jadi jika anda ingin buah apel bisa bertahan hingga bermingu-minggu, maka hal yang harus di lakukan yaitu dengan cara menyimpannya di lemari pendingin, dengan cara ini buah apel yang ada sukai akan bertahan lebih lama dan juga akan memiliki tekstur yang lebih renyah dan juga segar.

  2. Buah Pisang
    Buah pisang, pada buah pisang ini sama memiliki kadar air, namun cara jika anda mengiginkan buah pisang anda bisa awet dan bertahan lama, maka pada buah pisang ini memiliki cara penyimpanan yang berbeda yaitu cukup dengan di letakan di nampan atau tempat buah, lalu cara penyimpanan cukup di tempat yang kering dan tampa terkena terik sinar matahari langsung, maka dengan cara itu buah pisang bisa bertahan lama. Jika di buah pisang di letakan di lemari pendingin, maka tekstur kulit pada buah pisang akan cepat menghitam, jadi cara yang tepat yaitu tadi seperti yang sudah di uraikan di atas.
  3. Sayur Kentang
    Memiliki tekstur daging yang keras, membuat sayur kentang membutuhkan tempat dan ruang yang kering, gelap serta sejuk. Maka pada sayur kentang ini cara penyimpanannya yaitu dengan cara cukup di letakan di luar dengan suhu yang kering, sejuk, dan juga gelap.
    Jika kentang tersengat sinar matahari maka tekstur pada kulit kentang akan keriput dan zat yang di miliki kentang juga ikut terserap sinar matahari maka daging kentang pun jika di masak memiliki rasa yang berbeda kurang enak. Dan jika di simpan di lemari pendingin, maka rasa daging kentang akan berubah menjadi manis, juga tekstur kulit pada kentang akan lama-kelamaan menjadi hitam. Jadi yang benar yaitu cukup di simpan di luar tentunya dengan suhu yang baik.
  4. Tomat
    Sebenarnya jika di simpan di dalam lemari pendingin itu baik, namun ada dampak negatifnya, yaitu jika lama di simpan di lemari pendingin kulit tomat akan menjadi keriput, rasa yang kurang fres, kadang kala tomat bisa saja mengeluarkan tepung, lembek dan lama kelamaan akan membusuk. Jadi cara yang baik yaitu dengan cukup dengan cara simpan di tempat ruanga  yang mempunyai suhu sejuk, bebas terik matahari, tidak lembab, juga ruangan tidak mempunyai suhu panas.
    Dengan cara tersebut buah tomat akan bertahan lama sampai 3-5 hari selama penyimpanan buah tomat dengan cara baik yach.
  5. Bawang
    Memiliki cara yang sama dengan sayur kentang, namun jika di simpan dengan cara berdampingan dengan bawang maka proses pembusukan akan semakin cepat, karena bawang mempunyai uap dan bau yang kuat, maka kentang pun akan kalan dan cepat busuk.
    Jadi jika anda ingin bawang dan kentang anda awet dan juga bisa tahan lama, maka sebisa mungkin pisahkan bawang dari kentang tersebut.
  6. Daging segar
    Daging biasanya jika ingin memiliki daging yang awet dalam artian rasa dan warna pada daging tidak ingin berubah, maka hal baik cara menyimpan daging yang benar adalah : dengan cara pisahkan atau bungkus daging sesuai porsi masak keluarga anda saja, jangan mencampurnya menjadi satu, karena akan memepercepat bakteri masuk ke daging dan daging akan menjadi busuk.
    Langkah yang baik yaitu simpan di frezzer, dengan bungkus plastik yang rapat dan juga tentunya usahakan pada waktu pengemasan daging, cukup bungkus daging sesuai porsi masak anda dan keluarga jadi jika anda mau masak daging tersebut, maka daging yang lain tidak akan berkontaminasi dengan zat yang lain, maka daging anda pun akan tetap awet, tahan lama, tidak mudah busuk.
  7. Tepung
    Jika anda  memiliki sisa tepung yang sayang untuk di buang, namun bingung dengan cara menyimpannya, maka cara yang baik yaitu dengan cara simpan rapat dalam toples plastik ataupun kaca, ini menjadikan tepung kedap udara dan memperlambat pembusukan atau basi.
    Dan jangan sekali membiarkan tepung tetap menempel pada plastik dari toko ataupun supermarket, karena itu akan mempercepat tepung basi. Dan pada tepung gandum, sebaiknya jika igin tepung gandum anda awet, dan terbebas dari kutu ataupun bakteri yang lainnya maka sebaiknya ganti plastik yang bersih, dan usahakan plastik tertutup raoar dan simpan di lemari pendingin. Dengan cara ini tepung gandum anda akan bertahan lama dan bisa di pastikan rasa pada tepung gandum pun akan tetap sama seperti anda pertama kali membelinya.
  8. Keju
    Pada keju, cara penyimpanan yang baik dan benar yaitu denagn cara sebelum atau sesudah anda menggunakan keju tersebut, sebaiknya tutup rapat lagi, bila perlu beri tambahan pembungkus seperti wax paper bisa juga dengan alumunium foil dan simpan di lemari pendingin.
    Dengan cara ini keju kesukaan anda pun akan bertahan lama bahkan bisa sampai 6-7 bulan lamanya, dengan catatan anda simpan kejunya dengan baik dan benar yach.
  9. Pasta kering
    Pada pasta kering, sebaiknya cara baik menyimpannya yaitu dengan cara simpan pasta kering ke dalam botol, ataupun toples yang berkaca, tutup rapat dan tampa ada kedap udara sama sekali, karena jika tidak di tutup rapat maka pasta bubuk akan cepat jamuran atau juga bisa keluar kutilan. Jadi sebisa mungkin simpan pasta kering anda dengan sebaik-baiknya. Dan begitu juga dengan pasta basah, atu juga pada saos ini memerlukan kedap udara yang baik, maka koleksi makanan anda akan tetap awet dan bisa bertahan lama.
  10. Roti
    Ada beberapa Cara yang tepat dan baik menyimpan roti yaitu :
    Jika anda suka mengkonsumsi langsung roti tersebut, cara penyimpananya yaitu cukup dengan cara di simpan di meja dapur, tampa harus kerkena sinar matahri.
    Jika anda ingin roti kesukaan anda bisa bertahan lama maka cara yang baik menyimpannya yaitu dengan cara sinpam roti di lemari pendingin, atau bisa juga di prezzer supaya bisa awet, namun jangan lupa tutup rapat yach biar air nya tidak masuk ke celah-celah plastiknya tersebut.

Demikian artikel dari kancapos, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah yach mom.

Lihat juga :
Agar Anak Tumbuh Sehat dan Tinggi, Coba Konsumsi 5 Makanan berikut
9 Jenis Makanan Penunjang Otak Menjadi Pintar dan Cerdas
Hindari 5 Jenis Makanan ini Ketika terkena Flu atau Pilek batuk
Makanan daerah Kerawu Singkong paling nikmat ini cara buatnya

Lihat Juga

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan