Fungsi dan Cara Kerja Rem ABS Pada Motor atau Mobil

Pernah dengan dengan Rem ABS, nah berikut ini penjelasan Fungsi dan cara kerja Rem ABS Anti Lock Brake System, motor-motor keluaran terbaru yang notabene memiliki mesin ber CC besar sudah banyak yang menerapkan jenis Rem ini. Dengan ABS ini banyak manfaat terutama pada sistem keselamatan yang lebih diminimalisir ketika terjadi pengereman mendadak maka kondisi roda tidak akan terkunci secara penuh.

Pengereman dengan teknologi ABS ini tentunya lebih menekankan terjadinya sebuah kecelakaan yang diakibatkan dari sebuah penguncian roda ketika melakukan pengereman mendadak sekaligus, jadi posisi kendaraan masih stabil karena tidak akan menimbulkan slip pada kendaraan itu sendiri. Bahkan pada kondisi jalanan yang licin pun sistem kerja rem ABS ini masih dapat berfungsi walau tidak seratus persen bekerja.

Jadi fungsi rem ABS pada kendaraan adalah modul sensor yang membaca kondisi kedua roda atau pada empat roda ini terhubung pada sistem ECU untuk membagi tekanan sistem pengereman yang disalurkan pada setiap roda, jadi sistem kinerja ABS ini tidak langsung menggigit cakram secara utuh namun hanya menekan cakram secara berulang dengan kecepatan penuh, bahkan dalam satu detik penekanan ini bisa sampai 60 kali penekanan, jadi benar-benar cepat prosesnya.

Algoritmanya dengan sistem tekan lepas dengan durasi yang sebegitu cepat maka ini tidak akan terjadi penguncian roda pada saat pengereman mendadak, dari situlah kondisi kendaraan tidak akan mengalami selip atau tergelincir ke samping. Oleh karena itu motor atau mobil yang sudah dilengkapi sistek teknologi rem ABS harganya pasti lebih mahal antara Rp 6 sampai Rp 8 Jutaan.

Walau sistem yang digunakannya menggunakan sensor namun untuk perawatan rem ABS ini bisa dikatakan cukup ringan tanpa perlu menyetel ulang sistem sensor yang digunakan namun juga harus sering dicek pada bengkel resmi dari kendaraan itu sendiri atau bengkel yang memang mengerti akan kinerja dari Rem ABS. namun bagi yang menggunakan sistem penggerak seperti kendaraan bermotor yang menggunakan rantai maka ketika kita menyetel rantai kendaraan maka diharuskan berhati-hati agar sensor ABS ini jangan sampai robah karena perbaikan rantai atau pengencangan rantai yang kita lakukan.

Fungsi Rem ABS
Fungsi Rem ABS

Fungsinya rem ABS ini memang sangat membantu dalam meminimalkan sebuah kecelakaan yang diakibatkan pengereman mendadak, maka tidak heran dengan kemampuannya yang bisa dibilang cukup canggih maka harga rem ABS ini tidak murah dan sebanding dengan tingkat keamanan yang didapat, Pertama kali digunakan hingga tulisan ini dibuat sistem kinerja Rem ABS pada kendaraan terus dikembangkan walau fungsinya sampai saat ini masih sama dengan yang disebutkan diatas.

Untuk kedepannya kita semua berharap semoga rem ABS ini menjadi fitur wajib yang harus ada disetiap kendaraan bermotor baik roda dua maupun lebih, karena fungsi dan kinerja dari rem ABS ini bisa disebut sebagai penyelamat kendaraan dari slip atau oleng tergelincir. Namun ini semua kembali lagi pada konsumen yang dibebankan otomatis harga kendaraan akan menjadi lebih mahal ketika sistem ABS ini diterapkan di setiap kendaraan.

Lihat Juga :
Fungsi Rem ABS ketika terjadi ban pecah
Harga Kawasaki Ninja RR Mono ABS terbaru
Spesifikasi dan Harga Yamaha R15 2017 gunakan Teknologi VVA

Lihat Juga

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan