Berbagi Info Terbaru

Keindahan Wisata di Pulau Biawak Indramayu, dihuni kadal besar

Di bagian laut jawa tepatnya di kabupaten Indramayu terdapat pulau yang di beri nama oleh masyarakat setempat dengan Pulau Biawak, Namun pulau Biawak tersebut bukanlah nama yang sebenarnya, asli nama Pulau tersebut adalah Pulau Rakit. Di Laut jawa tersebut kurang lebih ada tiga pulau yang saling berdampingan, yakni Pulau Candikian, Pulau Biawak, dan pulau Gosong. Yang mana pulau-pulau tersebut mempunyai keindahan tersendiri dan alamnya juga masih asri dan masih memegang teguh adat istiadat dari para leluhurnya.

Melihat dari garis perijinan Pulau Biawak, jarak ke pulau Biawak tersebut adalah sekitar 28 mil laut atau sekitar 40 kilometer dari pantai utara Tirtamaya Indramayu. Pulau Biawak tersebut sebenarnya memiliki pemandangan yang sangat luar biasa, dan sekali melihatnya andapun akan takjup melihat pemandangan alam dan lautnya yang sangat mempesona.

Namun sayang Pulau secantik itu masih belum terjamah banyak orang, hanya beberapa orang saja yang menyambanginya. Kenapa demiknian,,,? Karena Pulau Biawak tersebut konstruktur pelayannya masih belum sempurna, masih banyak yang harus di garis bawahi seperti minimnya alat penyebrangan, seperti kapal penyebrangan, speedboat, dan juga alat penyebrangan yang lainnya yang bisa halu ilir setiap hari ke pulau Biawak tersebut.

Karena dari pemerintah kabupaten itu sendiri hanya menyediakan 2 kapal penyebrangan itupun kapal bantuan dari Pemprov Jawa Barat dan hanya bisa menampung 30 dan 10 orang saja dan itupun beroprasi tidak setiap hari, sepekan hanya beroprasi 2 kali saja yaitu hari sabtu dan minggu. Di Pulau Biawak tersebut para wisatawan sebaiknya sebelum melakukan turing ke pulau tersebuut, sebaiknya terlebih dahulu Waiting list, karena banyaknya wisatawan dan minimnya perahu penyebrangan yang menghambat bahkan sampai mengantri beberapa jam lamanya.

Keindahan Wisata di Pulau Biawak Indramayu
Keindahan Wisata di Pulau Biawak Indramayu

Ada dua tarif alternatif yang bisa membantu anda menyebrang sampai ke pulau Biawak tersebut, namun anda juga harus bisa memilih alternatif mana yang cocok dengan kantong anda. Jika anda pengen alternatif penyebrangan yang setiap hari beroprasi seperti speedboat, dan kapal anda bisa mengeluarkan tarif Rp 290-300 an/orang. Dan jika anda pengen berhemat, sebaiknya mengunjungi pulau Biawak dengan membawa beberapa orang, dan di sana menyediakan juga motor penyewaan milik warga yang tarif sewanya 10 orang berkisar 2 jutaan. Anda harus bisa memilih alternatif mana yang akan anda gunakan untuk menyambangi pulau Biawak tersebut.

Waktu yang di tempuh menuju Pulau Biawak sekitar 1-1,5 jam, itu menggunakan Kapal Pemkab Indramayu, namun jika ingin menggunakan perahu motor yang anda bisa gunakan setiap hari  jarak tempuh sekitar 4 jaman lebih. Jadi karena minimnya kapal penumpang yang menuju Pulau Biawak tersebut, banyak pengunjung yang melakukan waiting list, karena jika tidak melakukan waiting list tersebut kita harus mengantri berjam-jam lamanya karena banyaknya pengunjung.

Di Pulau Biawak tersebut, anda akan di suguhkan dengan bangunan mercusuar buatan Belanda pada tahun 1872 yang mana sampai saat ini bangunan tersebut masih berdiri kokoh menjulang setinggi 65 M, atau 16 lantai. Dengan luas sekitar 120 hektar ini, Pulau Biawak sekarang sudah menjadi aikon wisata orang Indramayu, Jika anda berkesempatan bisa menyambagi pulau Biawak tersebut anda pasti akan sangat terpelanga melihat alamnya seperti banyaknya tanaman bakau, yang kalau kita lihat dari kejauhan terlihat hutan bakau tersebut seperti deretan daun yang hijau dan lebat menjadikan pesona mata kita sejuk dan segar.

Dan jika anda melihat ke perairan laut, anda pasti akan menemukan tubuh karang yang terbentang di bawah laut yang mana air tersebut sejuk dan jernih, sehingga kita tidak perlu melakukan selam untuk melihat tumbuh karang tersebut. Dan juga dengan pemandangan ikan yang halu ilir siap menyempurnakan liburan anda. Juga tidak ketinggalan dengan satwa cikal bakal Pulau tersebut adalah satwa Biawak yang selalu berkeliara di sepanjang pulau dan mampu bertahan hidup di perairan asin tersebut. Indahnya Sanset di sore hari, dengan melihat satwa biawak yang setiap sore berjibaku berenang nenyusuri tepian pantai untuk mencari makan seperti ikan dan jenis hewan lainnya. Tahukah anda bahwa panjang Biawak tersebut antara 20cm bahkan ada juga yang mencapai 2 meter Waw,,,, sangat panjang bukan,,! Dan anda jangan takut dengan satwa tersebut, di jamin jika anda tidak mengusiknya Biawak tersebut pun tidak akan menggigit. Namun alangkah baiknya kita harus lebih waspada juga .

Dan konon masyarakat sekitar menyebut pulau tersebut dengan beberapa nama, seperti pulau Menyawak, Pulau Bompyis. Di antara pulau yang ada di sanah, Cuma pulau Biawak saja yang masih terjaga kelestariannya, Selain pulau Biawak yang ada hanya hamparan pulau karang saja. Contohnya seperti Pulau Gosong, kondisinya yang hancur karena berapa puluh juta kubik karang habis untuk lokasi kilang minyak Pertamina Unit Pengolahan VI Balongan. Hem,,, sangat di sayangkan sekali.

Keindahan Wisata di Pulau Biawak Indramayu
Keindahan Wisata di Pulau Biawak Indramayu

Masyarakat sekitar yang notabenya pekerja nelayan sangat memahami apa fungsi dari Mercusuar yang bangsa belanda buat tersebut, yaitu untuk memandu kapal-kapal besar maupun kecil yang melintas karena pulau tersebut sangat berbahaya bagi alur mudik kapal laut. Dan Mercusuar di buat oleh “Onder De Efcering van Z.M. Willwm III. Koning des Nederlanden, ENZ.., ENZ.,. Opgerigt Ovh Draailicht 1872”. Dan sampai detik i9ni juga menara tersebut masih berfungsi sebagai pemandu kapal laut.

Di Pulau Biawak juga ada Wisata Ziarah, yang konon di pulau tersebut ada beberapa makan juga makan para Belanda dan salah satu makam tersebut adalah makan salah satu tokoh penyebar agama islam di Indramayu yaitu Syekh Imam, dan satu dari makam Belanda tersebut adalah makam Z.M. Willem III. Jadi  jika anda berkunjung ke pulau tersebut, anda bisa sekalian berwisata Ziarah yang mana masyarakat sekitar meyakini adanya energi positif dan negatifnya, dan semuanya tergantung dari niat anda sendiri.

Saat ini Gubernur Jabar serta pembenahan dan penyediaan dermaga terus membenahi konstruktur dari pulau tersebut,dari konstruktu besar sampai yang kecil sekalipun yang berwenang sekarang lagi gencar-gencarnya mengadakan perbaikan. Dari yang sudah kita lihat Potensi wisata pulau Biawak sangat besar, namun belum tergarap maksimal. Karena itu pemerintah daerah setempat terus menggenjot wisata bahari dengan semaksimal mungkin.

Untuk pemesanan berkunjung ke Pulau Biawak tersebut bisa melalui kantor Diporbudpar Indramayu atau Kantor Disbudpar Jabar, Bidang kepariwisataan. Di pastikan semua kendala yang anda keluhkan pasti sebisa mungkin mereka mengatasinya dengan baik.

 Wisata di Pulau Biawak Indramayu
Wisata di Pulau Biawak Indramayu

Bagaimana anda tertarik bukan dengan Wisata Pulau Biawak tersebut, sangat pas buat tahun baruan nanti berlibur bersama keluarga dan teman. Selain terhibur, anda dan keluarga juga bisa mempelajari alam sekitar dan yang pastinya sebisa mungkin kita ikut menjaga alam tersebut dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga alam dengan baik.

Itu sedikit wawasan dari kancapos, semoga bermanfaat  dan selamat berlibur,,,,,!