Wisata Alam Pulau Berhala Sumatra Utara Tanjung Beringin intip penyu bertelur

Kabar baik bagi para wisatawan, yang Hobby tranfeling, di Pulau Berhala yang tepatnya di kota Jambi Tanjung Beringin dan berada di garis laut Selat Malaka.  terdapat keindahan alam dan laut yang menawan dan sangat wajib anda kunjungi.

Namun perlu kalian tahu, pulau berhala tersebut sangat di lindungi oleh pemerintah setempat, demi melestarikan dan menjaga alamnya jangan sampai wisata alam ini rusak karena tidak di jaga dan juga menghindari adanya orang–orang yang tidak bertanggunga jawab merusak alamnya. Walaupaun pulau ini masih awam di dengar oleh masyarakat dan juga bagi para wisatawan, namun bisa di pastikan Pulau Berhala mempunyai keindahan yang sangat cantik dan menakjupkan.

Di pulau Berhala tersebut terdapat keindahan alam yang sangat cantik seperti : terdapat air laut yang jernih dan berwarna kehijauan, juga terdapat pasir putih yang membentang di sepenjang pulau Berhala tersebut, ada juga tumbuh karang yang beraneka ragam, yang wajib anda lihat, serta ada yang unik dari pulau Berhala tersebut yaitu adanya penyu-penyu lucu dan penyu tersebut biasa keluar atau muncul pada akhir tahun saja , karena pada saat itu penyu-penyu akan mengeluarkan habitatnya yaitu dengan cara bertelur kemudian baru bisa kembali lagi ke tempatnya. Dan pulau Berhala ini juga menjadi tempat penangkaran atau tempat kawasan pemeliharaan penyu dengan luas kurang lebih 2,5 km.

Ada sedikit kisah di balik pulau barhala tersebut, selain mempunyai keindaham alan pulau berhala juga mempunyai sejarah yang mana Raja di Turki yang bernama Paduka Berhalo atau Akhmad Barus II adalah salah sati orang yang pertama kalinya menginjakan kaki di pulau Berhala tersebut, dan  Selain itu beliau juga Adalah salah satu tokoh penyiar agama islam pertama kali di indonesia, dan kemudian beliau menikah dengan putri kerajaan kota jambi yang bernama Putri Salaro Pinang Masak dan Putri Salaro Pinang Masak ini adalah  seorang Ratu di Kerajaan Jambi tersebut.

Dan sekarang pulau Berhala tersebut menjadi tempat pengasingan sementara, yang sudah bosan dengan hiruk pikuk kota , pulau Berhala sangat pas buat liburan keluarga anda. Dan orang setempat biasa menyebutnya dengan pulau pelarian.

Dan bagi anda yang ingin berkunjung ke pulau berhala namun terkendala dengan rutenya, Tenang,,,, kancapos pengen membagi sedikit rute ke pulau Berhala tersebut.

Menurut rute yang ada, jika anda pengen berkunjung ke pulau berhala tersebut, anda dapat pergi ke Sumatra utara yang tepatnya adalah kota Medan terlebih dahulu. Lalu dari Medan anda bisa naik mobil Bis yang menuju ke Sei Rampah, dan perjalanan menuju Sei Rampah kurang lebih selama 1 jam lebih, dan baru bisa turun di desa Nelayan. Dari situ perjalanan berlanjaut menuju tempat penyebrangan biasa d tempuh dengan menggunakan Bemo atau ojek motor.

Pulau berhala sumatra
Pulau berhala sumatra

Dan dari tempat penyebrangan anda harus melanjutkan perjalanan anda lagi ke pulau Berhala tersebut, dan di tempat penyebrangan juga sudah tersedia alternatif kendaraan seperti kapal laut ataubun Boat. Dan harga yang tersedia buat kendaraan tersebut berpariasi, seperti yang telah di kutip dari Indonesia-tourism, harga kapal laut buat 1 orang berkisar Rp. 50 sampai 100 ribuan. Dan jika anda igin mempercepat perjalanan, ke pulau Berhala anda juga bisa menggunakan atu menyewa kapal Boat yang biaya penyewaanya berkisar Rp 800 sampai Rp 1 jutaan lebih.

Bagai mana ,,,,? Siap berkunjung ke pulau Berhala,,,?

Oh  iya,,,, masalah rutenya sudah di bahas, sekarang kancapos pengen membahas tentang masalah penginapan atau tempat istirahat bagi anda dan keluarga. Tidak mungkin kan anda datang hanya melihat-lihat saja tanpa istirahat, dan jika anda membawa perlengkapan tenda sendiri juga terlalu ribed dan repot.

Dan alangkah baiknya anda menggunakan pasilitas yang ada di sana. Jangan khawatir karena pemerintah setempat dan para pengelola pulau Berhala tersebut sudah menyediakan tempat yang aman dan nyaman buat anda dan keluarga. Ada beberapa home stay yang tersedia di sana, namun biasanya harga lumayan mahal, tapi jika anda mengiginkanya anda bisa bertanya-tanya dulu pada masyarakat lokal yang ada di sanah dan pandai-pandailah menawar harga penginapan tersebut dengan semurah-murahnya.

Bagaiman,,,,? Bagi pencinta alam,, sangat di sayangkan jikalau tidak berkunjung ke pulau Berhala tersebut, di jamin pulang membawa keceriaan dan kepuasan bisa menjelajah pulau Berhala tersebut.

Selamat berlibur, dan selamat menjelajah keindahan alam Indonesia.

Lihat Juga

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan